top of page
  • Writer's pictureMinda Utama Official

ANBK PKBM MINDA UTAMA 2023

Updated: Dec 4, 2023


ANBK atau Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Dalam Asesmen Nasional terdapat 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Tujuan utama ANBK adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik (Pusmendik, 2022).


ANBK atau Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Dalam Asesmen Nasional terdapat 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Tujuan utama ANBK adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik (Pusmendik, 2022). Asesmen Nasional tidak hanya dirancang untuk menggantikan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, namun juga menandakan perubahan paradigma dalam penilaian pendidikan. “Nadiem Anwar Makarim” Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan, perubahan mendasar dalam Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengukur prestasi siswa secara individu, melainkan menilai dan memetakan sistem pendidikan sebagai input, proses, dan output. Mendikbud melanjutkan, AKM dirancang untuk mengukur capaian siswa dari hasil belajar kognitif yaitu Literasi dan Numerasi. Kedua aspek kompetensi minimal ini diperlukan agar siswa mampu memberikan kontribusi dalam Masyarakat, apa pun bidang pekerjaan dan karir yang ingin ditekuninya di masa depan. Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah survei karakter berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional. Bagian ketiga dari Asesmen Nasional adalah survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah (Pusmendik,2022).

ANBK yang diselenggarakan di PKBM Minda Utama tepat pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2023. Hari Pertama dilaksanakan pada Rabu, 30 Agustus 2023. ANBK berjalan dengan lancar, Asesmen Nasional tidak hanya dirancang untuk menggantikan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, namun juga menandakan perubahan paradigma dalam penilaian pendidikan. “Nadiem Anwar Makarim” Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan, perubahan mendasar dalam Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengukur prestasi siswa secara individu, melainkan menilai dan memetakan sistem pendidikan sebagai input, proses, dan output. Mendikbud melanjutkan, AKM dirancang untuk mengukur capaian siswa dari hasil belajar kognitif yaitu Literasi dan Numerasi. Kedua aspek kompetensi minimal ini diperlukan agar siswa mampu memberikan kontribusi dalam Masyarakat, apa pun bidang pekerjaan dan karir yang ingin ditekuninya di masa depan. Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah survei karakter berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional. Bagian ketiga dari Asesmen Nasional adalah survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah (Pusmendik,2022).atas kesungguhan siswa/siswi PKBM Minda Utama dalam mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal. Semoga usaha dan doa yang telah dipanjatkan berbuah manis, sesuai harapan. Dilanjutkan dengan hari kedua Kamis, 31 Agustus 2023 mengerjakan soal-soal Numerasi terlihat beberapa siswa merasa jenuh dan kesulitan namun tetap pantang menyerah dan semangat dalam mengerjakan soal sampai selesai.



Tetap semangat dalam menuntut ilmu, sebagaimana sejalan dengan kutipan Imam Syafi'i "Ilmu tidak akan dapat diraih kecuali dengan ketabahan" -maknalangkah.

14 views0 comments

Comments


bottom of page