26 Jul
26Jul

Setiap orang tentu memiliki minat dan bakat yang berbeda, begitu pun terkait ketertarikan dalam berbagai mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, dari sekian banyak mata pelajaran yang tersedia di sekolah tentu ada yang disukai ada juga yang tidak disukai saat Anda belajar mata pelajaran yang disukai tentu Anda merasa bersemangat bukan? beda halnya jika menghadapi suatu mata pelajaran yang tidak Anda sukai maka Anda akan merasa malas dan cenderung menhindar, nah yuk kita baca Artikel ini, agar bisa tetap semangat dalam mempelajarinya.

Cobalah Berbagai Metode Belajar 

Terdapat berbagai macam metode belajar yang bisa Anda coba dalam mempelajari mata pelajaran yang tidak Anda sukai, jangan hanya terpaku dengan metode pembelajaran di kelas jika terasa membosankan, sesuaikan pula dengan tipe belajar Anda apakah visual, auditori, atau kinestetik 

Baca juga : Tipe Belajar yang Harus Anda Ketahui

dengan mencoba metode pembelajaran baru yang tidak monoton bisa saja Anda menemukan celah dan cara yang asyik dalam mempelajari pelajaran yang sebelumnya tidak Anda sukai

Belajar dengan Teman yang Menguasai Mata Pelajaran Tersebut 

Saat pelajaran berlangsung pasti ada siswa yang Aktif baik itu bertanya maupun menjawab pertanyaan, nah siswa yang aktif dalam pembelajaran tersebut biasanya menyukai mata pelajarannya dan paham terkait pelajaran yang disampaikan pengajarnya tadi, maka dari itu cobalah untuk belajar bersama siapa tahu setelah diajarkan oleh teman sebaya, karena biasanya teman sebaya dapat menyampaikan materi belajar dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. 

Jangan Terpaku Hanya dengan Buku Teks Sekolah 

Carilah referensi lain selain buku paket yang disediakan sekolah, ada banyak sekali referensi bahan ajar yang sangat beragam bisa Anda eksplore di Internet mulai dari yang gratis seperti di youtube, ada juga yang berbayar seperti platform pembelajaran bimbel online. biasanya setelah menemukan suatu referensi yang asyik konten dan pembelajarannya bisa jadi Anda akan mulai tertarik dalam mempelajari mata pelajaran yang tidak Anda sukai 

Pahami Dulu Konsep Dasar Mata Pelajarannya 

Sebelum terlalu jauh membahas materi yang dirasa sulit alangkah baiknya memahami konsep dasarnya terlebih dahulu, dari situ maka akan lebih tergambar mata pelajaran tersebut arahnya ke mana. mempelajari konsep dasarnya terlebih dahulu juga akan lebih mempermudah kita untuk belajar secara runtut dan berkelanjutan 

Belajar dengan Semangat Positif dan dalam Batasan 

Anda tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak Anda sukai. Biasanya, semakin keras kita berusaha, semakin kita  tidak suka. Nikmati  proses yang harus Anda alamikita akan benar-benar mengatasi ketidaknyamanan ini nanti.  Saat belajar, jangan menunggu sampai banyak emosi negatif muncul ke permukaan. Berhentilah belajar setelah  30 menit dan lakukan sesuatu yang menyenangkan selama 10 menit sebelum kembali materi pembelajaran.  

Fisika, matematika, kimia, sejarah, atau materi pelajaran lainnya. Masing-masing dari kita memiliki alasan  untuk suka dan tidak suka. Tapi suka atau tidak suka, pelajari saja. Bukan untuk hasil ujian, tapi untuk pembelajaran.  

Apakah Anda menyadari bahwa belajar itu sendiri adalah bersyukur? Saya masih memiliki teman-teman yang kesulitan bersekolah. Jika ada kesempatan, manfaatkan sebaik-baiknya. 

Yuk Cek artikel menarik lainnya di mindautama.com

Biaya untuk belajar kesetaraan Paket C di PKBM Minda Utama sangat ekonomis dan terjangkau hanya dengan membayar 100ribu rupiah untuk cicilan pertama Anda bisa langsung belajar di PKBM Minda Utama dengan waktu yang fleksibel maka dari itu jangan ragu dan segera daftarkan diri Anda.

Comments
* The email will not be published on the website.