31 May
31May

Akuntansi keuangan ialah bidang yang bertugas mengolah transaksi perusahan serta pada akhir periode menghasilkan laporan keuangan (baik itu Neraca, Laba Rugi, serta laporan lain yang diperlukan). Informasi yang dihasilkan ialah untuk digunakan oleh pihak luar (ekstern) perusahaan ialah, seperti kreditor, investor, pemegang saham, pemerintah, dan sebagainya.


Sedangkan akuntansi manajemen ialah bidang akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan yang diperuntukkan bagi pihak manajemen ataupun manajer perusahaan (intern). Informasi yang dihasilkan ialah untuk digunakan oleh semua lini manajemen. Mulai dari top manajemen, middle manajemen, sampai lower manajemen untuk mengambil keputusan bisnis bagi perusahaan.

 

Fungsi Utama Laporan Keuangan bagi Pihak Ekternal 

  1. Pemegang Saham, Informasi yang memungkinkan mereka menilai kemampuan perusahaan untuk membayar deviden.
  2. Investor, Penanaman modal sangat rentan terhadap risiko, mereka sangat membutuhkan informasi data keuangan apakah dana yang mereka investasikan adalah layak (Feasible) atau tidak.
  3. Kreditur, Informasi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam membayar imbalan jasa dan pengembalian hutang pokok saat jatuh tempo.
  4. Supplier, Informasi untuk menilai apakah tagihan penjualan mereka akan dibayar perusahaan pada saat jatuh tempo.
  5. Pemerintah, Informasi mengenai penetapan kebijakan pajak dan data statistik pendapatan nasional.


Cek juga yuk terkait Sejarah Penciptaan Al-Quran 

Biaya untuk belajar kesetaraan Paket C di PKBM Minda Utama sangat ekonomis dan terjangkau hanya dengan membayar 100ribu rupiah untuk cicilan pertama Anda bisa langsung belajar di PKBM Minda Utama dengan waktu yang fleksibel maka dari itu jangan ragu dan segera daftarkan diri anda.

Comments
* The email will not be published on the website.