18 Jul

Anda punya banyak buku bekas yang masih layak untuk dibaca? daripada hanya menumpuk di rak buku dan terbiarkan berdebu ayo donasikan bukumu di gerai McD terdekat di daerah rumahmu. Hal tersebut akan lebih bermanfat untuk meningkatkan literasi Anak 

Fenomena Minat Baca Di Indonesia 

Indonesia termasuk negara yang amat rendah dalam minat membacanya. Berdasarkan survey yang dilakukan  Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019 Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi. 

Rendahnya minat baca ini sungguh sangat miris dan disayangkan, faktornya bisa beragam salah satunya adalah karena lingkungannya yang tidak mendukung anak untuk gemar membaca, seperti kurang adanya sarana dan prasarana buku di Lingkungan masyarakat. 

Menyadari akan hal ini McDonal's Indonesia kembali menggelar program donasi buku. McDonal's menyediakan sebuah kotak yang dapat diisi oleh siapun yang ingin berdonasi buku. bukunya pun bebas namun diutamakan untuk anak-anak. Nantinya buku yang telah terkumpul di kotak tersebut akan disalurkan kepada TBM (Taman Bacaan Masyarakat) di Seluruh Indonesia. Diharap dengan upaya tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk lebih gemar membaca buku.

Apa itu TBM (Taman Bacaan Masyarakat) ? 

Menurut Departemen Pendidikan Nasional Taman Bacaan Masyarakat adalah suatu bentuk lembaga pendidikan yang mampu menyediakan berbagai bentuk bahan belajar yang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri. Sebagai tempat pembelajaran, tentusaja taman bacaan masyarakat harus mampu melakukan pembinaan membaca dan belajar, sekaligus  mendapatkan informasi atau pengatahuan. untuk melaksanakan program taman bacaan masyarakat agar para masyarakat dapat tertarik untuk berkunjung ke Taman bacaan masyarakat maka koleksi buku di TBM tersebut haruslah dilengkapi terutama untuk buku anak-anak agar dapat tertanam rasa ketertarikan anak dalam membaca sejak dini. 

Nah Program donasi buku dari McDonal's ini dapat menjadi sarana untuk membantu TBM lebih melengkapi koleksi bukunya, Program ini berlaku sampai akhir tahun 2022 


Comments
* The email will not be published on the website.