Pengantar dan Pengertian Ilmu Astronomi



Ilmu atau pelajaran astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang benda benda di angkasa, seperti planet, bintang, galaksi, komet, dll serta fenomenanya di luar angkasa.

Ilmu atau pelajaran astronomi adalah ilmu tertua dalam sejarah, suku-suku prasejarah kuno telah lama menggunakan ilmu astronomi untuk membaca rasi bintang, rasi bintang pada saat itu menjadi sebuah petunjuk untuk meramalkan masa depan. Pengamatan astronomi pada jaman dahulu hanya dilakukan pada malam hari saja karena keterbatasan alat untuk pengamatan, oleh karena itu perkembangan ilmu astronomi terjadi sangat lambat.

Sejarah Teleskop

Pada abad ke 16 barulah muncul ilmu atau pelajaran astronomi modern yang memanfaatkan perhitungan astronomis untuk melihat gejala- gejala alam dalam antariksa. Pada sekitar tahun 1600an ini pula ditemukan teleskop yang merupakan alat untuk mengamati benda-benda langit secara lebih jelas.

Galileo Galilei adalah penemu teleskop yang memungkinkan pengamatan lebih dekat terhadap bintang dan planet-planet. Dia juga yang telah menemukan planet-planet di semesta seperti planet Jupiter dan planet Saturnus.

Selain itu ada pula Johanes Kepler yang merupakan penemu hukum gerak planet, menggambarkan mengenai pergerakan planet dalam suatu orbit tertentu yang statis. Ilmu atau pelajaran astronomi modern juga mempelajari mengenai perkembangan dan pembentukan alam semesta, ilmu astronomi menjelaskan mengenai evolusi yang terjadi di alam semesta utamanya di jagat raya.

Di Indonesia sendiri ilmu atau pelajaran astronomi belum dianggap begitu penting untuk dipelajari secara umum. Ilmu atau pelajaran astronomi sebagai ilmu sains pada dasarnya tidak dapat berdiri sendiri, ilmu astronomi banyak terpengaruh oleh cabang ilmu lain seperti ilmu biologi, ilmu geologi, ilmu fisika, dll.

Manfaat Ilmu Atau Pelajaran Astronomi

Ilmu atau pelajaran astronomi telah memberikan manfaat yang besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan alam, ketika kita mempelajari ilmu astronomi kita dapat mengetahui pergerakan dan sebaran benda-benda angkasa seperti galaksi, komet, asteroid, planet, black hole, dll. Selain itu kita juga dapat mengetahui hitungan waktu berdasarkan peredaran matahari atau bulan.  Ilmu atau pelajaran astonomi juga banyak digunakan sebagai patokan dalam perhitungan dan prediksi cuaca yang akan terjadi, hal ini sangat berguna dalam  kegiatan pelayaran, penerbangan, dan transportasi lainnya.

Selain itu dengan Ilmu atau pelajaran astronomi kita juga dapat mengetahui proses pembentukan bintang, planet, balck hole, orbit edarnya dll. Peneliti di era modern sekarang memanfaatkan ilmu astronomi untuk menemukan kehidupan di planet lain. Mengingat jagat raya yang sangat luas tidak mungkin hanya ada satu planet saja yang dapat ditinggali yaitu planet bumi, peneliti mencari kemungkinan kemungkinan lain terkait kehidupan planet lain ini dengan menggunakan ilmu astronomi terapan.

Cabang-cabang Ilmu Atau Pelajaran Astronomi

Ilmu atau pelajaran astronomi dalam perkembangannya terbagi dalam cabang-cabang ilmu khusus yang lebih spesifik yaitu.
1. Astronomi praktis

Cabang ilmu astronomi ini mempelajari mengenai cara-cara observasi terhadap benda-benda ruang angkasa, alat-alat apa yang harus digunakan, dan metode astronomis apa yang bisa dipakai  sehingga diperoleh jawaban atas suatu peristiwa kosmik tersebut.
2. AstrometryAstrometry sering disebut dengan astronomi posisi, astrometry adalah cabang ilmu astronomi yang mengamati hubungan geometris dari benda-benda yang ada di angkasa, seperti menghitung jaraknya, kedudukan antar planet, waktu tempuh rotasi dan revolusinya, dll.
3. Astrofisika

Dari namanya sudah terlihat bahwa astrofisika merupakan perpaduan antara ilmu astronomi dan ilmu fisika, astrofisika lebih spesifik mempelajari benda-benda angkasa murni secara fisik, meliputi suhu, radiasi, lapisan atmosfer, permukaan lapisan atmosfer.

4. Kosmogoni

Kosmogoni adalah cabang ilmu astronomi yang membahas mengenai asal-usul benda-benda angkasa, cara pembentukannya, dan partikel-partikel penyusunnya.
5. Astronomi diskriptif

Merupakan cabang ilmu astronomi yang membahas sacara sistematis dan teratur mengenai fakta-fakta atau gejala- gejala astronomis,
6. Astronomi planetary

Cabang ilmu astronomi yang membahas mengenai planet, komet, bulan dan matahari saja. Intinya mengenai pembentukan dan bahan pembentuknya.
7. Astronomi stellar                                                                                                              Cabang ilmu astronomi yang mempelajari mengenai perbintangan, seperti bentuk bintang, partikel pembentuknya, siklus peredarannya, termasuk benda-benda lain seperti black hole, supernova, bintang merah dll.



SUMBER : DISINI http://bit.ly/2Yzv4gn