KISAH INSPIRATIF-ORANG TAJIR INI TERNYATA CUMA PUNYA IJAZAH PAKET C


Kata siapa menjadi orang yang berharta haruslah memiliki background pendidikan yang tinggi? Ada sederet orang sukses dan kaya raya di Indonesia yang ternyata hanya memiliki ijazah paket C lho.

Artinya, mereka enggak memiliki ijazah SMA dan hanya mengikuti ujian Paket C saja. Secara definisi, ada istilah jalur pendidikan yang namanya “Kelompok Belajar” alias Kejar. Kejar adalah jalur pendidikan ini merupakan jalur non-formal yang difasilitasi pemerintah untuk siswa yang belajarnya enggak melalui sekolah.

Kejar itu sendiri ada tiga jenis, pertama adalah Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA). Setiap peserta Kejar bakal berpartisipasi dalam Ujian Kesetaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nah, siapa saja ya mereka? Simak ulasan berikut

1. Oesman Sapta Odang

Oesman Sapta Odang (OSO) dikenal sebagai politikus sekaligus pengusaha. Namanya mulai dikenal luas saat dilantik menjadi Ketua Umum Partai Hanura tahun 2016. OSO juga sempat ramai diberitakan karena punya dua jabatan, yaitu Ketua DPD dan Wakil Ketua MPR.

Selain itu, namanya pun sempat masuk majalah Globe Asia sebagai salah satu dari 150 orang terkaya di Indonesia.

Pria kelahiran Sukadana, 18 Agustus 1950 ini terlahir dari pasangan Odan dan Asnah Hamid. OSO tak hidup dari keluarga berada, sedari kecil ia telah tebiasa berjuang. Dulu, demi membantu orang tuanya, ia pernah jadi pedagang rokok dan kuli angkut karet di perkebunan.

Tak bergelar sarjana, OSO hanya mampu menyelesaikan pendidikan hingga SMA melalui program ijazah paket C.

Singkat cerita, OSO seakan telah yakin bahwa passionnya berada di dunia usaha. Kala itu ia memulai usaha dengan menjual hasil-hasil pertanian. Barang jualannya tersebut ia bawa sampai ke Jakarta.

Setelah berhasil di sektor pertanian, OSO kembali melirik sektor konstruksi untuk dijadikan sebagai usaha barunya. Kedua usahanya pun berjalan baik.

Masih belum puas, OSO kemudian mendirikan usaha lainnya, di antaranya PT Citra Putra Realty di sektor properti, PT OSO Sekurities di sektor investasi, PT Karimun Granite di sektor pertambangan, dan PT Aria Hijau Alam Lestari di sektor perkebunan sawit.

Semua usahanya itu berada di bawah OSO Group atau PT Citra Putra Mandiri yang terbentuk awal 2000. Berkat grup usaha yang dimilikinya tersebut, Oesman Sapta Odang mendapat predikat sebagai salah satu konglomerat Indonesia.

2. Hary Tanoesoedibjo

Selanjutnya, ada Hary Tanoesoedibjo, pengusaha media asal Surabaya yang juga memiliki ijazah Paket C. Namanya belakangan ini jadi bahan pembicaraan karena ia membeli rumah milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Meskipun memiliki ijazah SMA dari hasil ujian Paket C, HT begitu ia biasa disapa justru melanjutkan pendidikan ke Kanada lho. Bahkan, kini namanya masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan harta Rp14 triliunan.

3. Susi Pudjiastuti


Satu tahun yang lalu, Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti dinyatakan lulus ujian dengan mengikuti Paket C. Menteri nyentrik ini sejatinya juga tak lulus SMA, karena aktif dalam gerakan Golput yang dilarang Orde Baru.

Susi pun akhirnya pulang kampung dan memulai bisnis. Pada saat itu, dia berjualan bed cover dan baju dengan modal awal Rp750 ribu dari menjual perhiasannya.

Lama kelamaan, ia pun melakukan ekspansi bisnis ke perikanan dengan produk unggulannya, yaitu lobster. Produk perikanan itu pun sukses diekspor hingga ke Negeri Paman Sam. Dan sekarang, ia bukan hanya bergelut di bidang bisnis perikanan saja, ia juga memiliki perusahaan penerbangan. 


sumber  : disini http://bit.ly/3323xn6